Mau Cetak Bendera? Yuk, Kenali Macam-Macam Bahan Bendera untuk Kebutuhanmu

Mau cetak bendera untuk tujuh belasan atau kampanye? Tunggu dulu, sebelum kamu cetak bendera ada dua hal yang harus kamu siapkan. Pertama, desain yang sudah harus siap cetak. Desain disarankan untuk menggunakan format TIFF dengan resolusi 200 sampai 300 ppi. Kedua, kamu harus siapkan adalah pengetahuan tentang bahan bendera supaya kamu tidak salah dalam memilih bahan bendera. 

Mengapa bahan bendera penting?

Tahukah kamu, bahan bendera sangat mempengaruhi tampilan dan daya tahan bendera. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda satu sama lain.

Jika kamu pergi ke percetakan, ada dua jenis bahan yang umumnya tersedia di percetakan-percetakan di Indonesia, yaitu:

1. Tetoron Cotton (TC)

Bahan Bendera Tetoron Cotton

Bahan kain Tetoron Cotton (TC) umumnya adalah campuran antara serat poliester dan katun dengan komposisi sekitar 65% untuk poliester dan 35% sisanya adalah katun.

Setelah dicetak, tampilan kain Tetoron Cotton (TC) akan terlihat doft (matte).

Bahan Tetoron Cotton (TC) tidak direkomendasikan untuk penggunaan di luar ruangan (outdoor) dalam waktu janka panjang. Sebab, bahan Tetoron Cotton (TC) akan cepat pudar dan cepat berubah bentuk/robek.

2. Polyester Satin atau Satin Poliester

Bahan Bendera Satin Polyester

Polyester Satin atau Satin Poliester adalah kain yang terbuat dari serat poliester yang ditenun dengan teknik tenunan satin (filamen). Kain polyester satin memiliki karakteristik halus, tebal, dan kuat dengan jahitan yang tidak mudah rusak. Tampilan bahan ini mengkilap dan memantulkan cahaya.

Bahan kain polyester satin lebih tahan lama untuk pemakaian di luar ruangan (outdoor).

Untuk harga cetak antara kedua bahan di atas terdapat perbedaan yang signifikan. Harga cetak kain Tetoron Cotton (TC) cenderung lebih murah, dibanding Polyester Satin.

Memilih bahan bendera yang tepat adalah investasi karena kamu dapat memaksimalkan budget yang tersedia. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah dikemukakan sebelumnya, kamu dapat memilih bendera yang berkualitas sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Share post:

Comments1

Benjamin Miller

ternyata bahan kain itu beragam ya

pg-persona-comments
Anda Belum Menulis Komentar.
Menu 0Rp 0
Top