Bagaimana Cara Packaging Mampu Meningkatkan Sales Produk/Brand?

Ketika kamu ingin menjual produk, hal apa saja yang pertama terpikirkan olehmu?

Coba urutkan dari nomor satu hingga sepuluh. Mungkin kamu akan memasukkan nama brand produk di nomor satu, logo produk di nomor dua, dan seterusnya.

Selain hal-hal di atas, di nomor berapa kamu tempatkan packaging produk? Di nomor sembilan? Atau sepuluh? Inilah kesalahan fatal bagi para pebisnis baru. Mengabaikan packaging produk berarti mengabaikan kesempatan emas untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Apalagi jika kamu menggunakan packaging custom yang dapat membuat brand/produkmu terlihat lebih stand-out dibanding brand/produk kompetitor.

Hal ini telah dibuktikan oleh Nutella. Di tahun 2014 lalu, Nutella berhasil menjual sampai 5.8 juta botol di Inggris!

Nutella

Strategi yang digunakan Nutella cukup sederhana. Nutella hanya melakukan campaign yang memungkinkan pembeli untuk mencantumkan nama mereka pada botol Nutella mereka sendiri. 

Sentuhan personal pada packaging produk ini tidak hanya bisa dilakukan oleh bisnis besar, bisnis skala kecil (UMKM) pun bisa. Packaging custom kini menjadi senjata rahasia dalam dunia bisnis. Mau tahu kenapa? Yuk, simak artikel ini, jangan lupa dibaca sampai habis, ya!

1. Packaging custom mampu meningkatkan brand positioning di media sosial dan membantu strategi marketing online

Dengan adanya tren unboxing di media sosial, packaging kini bukan hanya menjadi pelindung produk, tapi juga sebagai alat marketing yang efektif. 

Ketika customer menerima produk, mereka biasanya akan langsung merekam proses membuka kemasan lalu menjadikannya konten di media sosial. Hal inilah yang mendasari brand-brand besar untuk membuat packaging produk mereka seunik dan se-aesthetic mungkin agar menjadi salah satu unique selling point yang membedakan dengan produk kompetitor.

Kamu juga bisa menerapkan strategi marketing ini untuk promosi online produkmu, karena menurut riset, 71% orang cenderung membeli produk yang di-review dalam konten gambar atau video melalui sosial media

2. Packaging custom dapat menyampaikan ide utama yang ingin kamu tunjukkan dari produkmu

Setiap detail dalam desain kemasan, mulai dari pemilihan bahan, warna, bentuk, hingga font bisa mencerminkan poin-poin yang ingin dikomunikasikan oleh suatu brand.

Misalnya, jika brand yang kamu buat ingin menyampaikan kesan mewah dan ekslusif, kamu bisa memilih bahan kertas fancy untuk packaging produkmu dan gunakan desain yang elegan dan minimalis. Atau jika kamu ingin menampilkan tampilan muda dan energik, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah, font yang playful, dan  bentuk packaging yang unik.

3. Packaging custom yang berkualitas dapat membangun kepercayaan customer

Packaging adalah wajah dari brand/perusahaan, maka sangat penting untuk membuat kesan pertama yang baik kepada customer. Jika kamu menggunakan packaging yang berkualitas, customer pasti akan menggambarkan betapa berkualitasnya produkmu di benak mereka. 

 

Buat kamu yang masih bingung menentukan desain yang tepat untuk packaging produk, PrimaGraphia sudah kumpulkan contoh-contoh packaging unik yang bisa kamu jadikan referensi:

1. The Bees Knees Honey

The Bees Knees Honey

(https://www.thebeeskneeshoney.co.uk/)

Packaging ini dirancang menyerupai kotak sarang lebah lengkap dengan lebah kecil yang merangkak di sekitar wadah, madu The Bees Knees dari Klein Constantia Farm membuat lebah-lebah yang ada di desain seolah-olah 3D!

2. Flash Fiction Matchbooks

Flash Fiction Matchbooks

Box packaging ini didesain oleh desainer grafis Woody Harrington untuk Flash Fiction, Harrington ditugaskan untuk memilih sembilan cerita dari seri “420 Karakter” untuk mewakili masing-masing cerita.

3. Bir Shumensko

Bir Shumensko

Desain Paperbag seperti ini bisa menjadi iklan gratis di jalan, lho!

4. Poilu Paintbrushes

Poilu Paintbrushes

Desain unik ini untuk menggabungkan dua kuas berbeda ke dalam satu kemasan kardus. Kuas-kuas itu bahkan diwarnai agar lebih menyerupai rambut wajah. Lucu banget.

5. Gortz 17 Shoelace Box

Gortz 17 Shoelace Box

Desain unik packaging dari Gortz 17 ini menambahkan tali sepatu pada paperbagnya. Jadi dibuat seolah-olah kamu lagi menenteng sepatu.

Nah, apakah kamu sudah terpikirkan desain packaging apa yang mau kamu aplikasikan ke brand/produkmu dan bagaimana cara merealisasikannya?

Ada satu tips dari PrimaGraphia buat kamu nih:

Selain desain yang menarik, pemilihan percetakan untuk packaging custom juga sangat penting. Pilihlah percetakan yang dilengkapi dengan mesin-mesin canggih dan memiliki staf berpengalaman, salah satunya adalah PrimaGraphia! Dengan mesin Indigo 10000 yang canggih dan mampu mencetak sampai ukuran B2, PrimaGraphia siap membantu untuk mewujudkan ide desain kemasan sesuai keinginanmu!

Klik di sini untuk pelajari selengkapnya!

Hubungi kami jika kamu ingin membuat packaging unikmu menjadi nyata!

- Chat melalui Whatsapp: +62877-7231-0250

- Email: [email protected]

Share post:

Comments0

pg-persona-comments
Anda Belum Menulis Komentar.
Menu 0Rp 0
Top