Semua Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Large Format

Jika kamu datang ke PrimaGraphia atau percetakan lain,  kamu pasti pernah dengar "cetak large format" dari deskprint. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih cetak large format itu? Apa sih bedanya dengan cetak file biasanya?

Nah, untuk membantu kamu, tim PrimaGraphia sudah meringkas semua hal yang perlu kamu tahu mengenai cetak large format. Let's check this out!

1. Apa itu Large Format?

Pada umumnya Large Format adalah proses pencetakan pada media besar yang tidak bisa dicetak dengan printer biasa (atau berukuran A3+). Hasil cetak large format memiliki ukuran mulai dari ukuran A2 hingga mencapai lebar lebih dari 3 meter dengan panjang yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Pencetakan large format menggunakan printer khusus yang dapat mencetak di media besar dengan warna taja, dan kualitas gambar high resolution. Printer yang digunakan biasanya:

- Printer flatbed bekerja dengan cara menempatkan media cetak di atas permukaan datar printer, kemudian printer akan langsung mencetak ke media tersebut menggunakan sinar UV untuk mengeringkan tinta secara instan sehingga tinta dapat menempel kuat pada permukaan media cetak.

- Printer roll-to-roll yang bekerja dengan mencetak pada bahan yang berbentuk gulungan seperti spanduk flexi, kanvas, atau wallpaper.

2. Jenis-jenis hasil cetak Large Format

Cetak large format cocok untuk berbagai media, contohnya:

- Spanduk Flexi Vinyl

Spanduk dengan ukuran besar pasti sangat cocok untuk mengiklankan produk/usahamu. Bahan yang paling umum untuk spanduk adalah flexi vinyl yang tahan lama sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang, baik di dalam atau luar ruangan. Ada beberapa tips dari PrimaGraphia nih buat kamu yang ingin mendesain untuk spanduk. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan font yang mudah dibaca dan hanya tampilkan informasi singkat pada desain spandukmu sehingga orang yang melihat dapat membaca informasi pada spandukmu hanya dalam beberapa detik saja. Kedua, jangan lupa untuk mengubah format warna desain ke RGB agar tidak ada perbedaan warna antara desain dan hasil cetak.

- Kertas Meteran

Kertas meteran biasanya digunakan oleh arsitek, kontraktor, atau desainer interior untuk mencetak rancangan desain yang akan ditunjukkan kepada para klien. Cetak kertas meteran membutuhkan ukuran kertas dan mesin yang berbeda dibanding pencetakan pada media kertas format standar.

Di PrimaGraphia menyediakan ukuran minimal kertas meteran sebesar 0.9 meter dengan panjang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bahan yang bisa kamu pilih untuk cetak kertas meteran adalah Art Carton 230, Art Paper 150, dan HVS 100.

- Wallpaper

Wallpaper custom printing sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil beda dalam hal mendekorasi. Cocok diaplikasikan di setiap ruangan baik rumah maupun kantor.

- Duratrans

Apa kamu pernah melihat papan signage film di bioskop atau restoran cepat saji? Tahukah kamu, signage tersebut bukan diganti secara digital, melainkan diganti gambarnya secara manual. Nah, gambar ini terbuat bukan dari kertas biasa, melainkan duratrans.

Duratrans biasa digunakan untuk mengisi media neonbox atau frameless di dalam ruangan.

3. Format file apa yang cocok untuk cetak Large Format?

Format file terbaik untuk Large Format adalah PDF vector. Format ini akan menjaga kualitas desain kamu agar tetap high resolutuin dan tajam. Selain itu, semua elemen dari desain kamu akan tergabung menjadi satu, hingga tidak ada risiko bagian desain yang hilang atau bergeser.

4. Berapa resolusi yang harus digunakan untuk cetak Large Format?

Untuk mencetak dalam large format, PrimaGraphia menyarankan untuk kamu membuat desain dengan resolusi 300ppi atau 120 piksel per cm. Selain itu, jika dalam desainmu memiliki gambar/ilustrasi disarankan resolusinya tidak kurang dari 200ppi atau 80 piksel per cm.

Ketika kamu mengirim gambar kepada deskprint kami, pastikan kamu mengirim dalam ukuran asli agar hasil cetakanmu tidak mengecewakan.

Semoga membantu!

Untuk pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami dengan klik link di bawah ini, ya:

- Chat melalui Whatsapp: +62-877-7231-0250

- Email: [email protected]

Share post:

Comments0

pg-persona-comments
Anda Belum Menulis Komentar.
Menu 0Rp 0
Top