Mau Cetak Spanduk Banner? Ini Dia Jenis Tinta untuk Cetak Spanduk Banner yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu berencana untuk cetak spanduk atau cetak banner? Jika kamu datang ke percetakan, kamu pasti akan ditawari berbagai macam jenis tinta yang digunakan oleh para deskprint. Ada Latex Ink, UV Ink, dan Solvent Ink. Buat kamu yang baru pertama kali datang ke percetakan pasti kebingungan, kan? Jangan khawatir, artikel ini cocok banget buat kamu. Yuk, kita bahas sama-sama apa sih perbedaan tinta yang biasa digunakan untuk cetak spanduk atau cetak banner.

Di dunia percetakan, ada tiga tinta yang banyak digunakan untuk proyek pencetakan yang menggunakan media lembaran kertas besar (Large Format) seperti spanduk atau banner.

1. Tinta Lateks atau Latex Ink

Tinta lateks (latex ink) adalah tinta berbahan dasar air dengan sedikit kandungan lateks yang terbuat dari plastik. Saat dicetak, air dalam tinta menguap karena panas dan hanya menyisakan pigmen dan partikel plastik yang menempel erat pada permukaan kertas. Partikel plastik kecil yang berfungsi sebagai "lem" untuk mengunci pigmen/warna sehingga hasil cetakan tahan lama serta tidak mudah luntur, bahkan ketika terkena air.

Kelebihan tinta lateks (latex ink)

- Tahan air dan tahan luntur.

- Eco-friendly karena tinta lateks tidak menghasilkan bau menyengat. Jadi kamu tidak perlu khawatir tinta ini akan merusak kesehatan atau lingkungan.

- Bisa diaplikasikan ke bermacam-macam media, mulai dari bahan banner flexi, kertas, stiker, canvas, dan beberapa bahan kain/tekstil.

- Karena tidak berbau, tinta lateks cocok sekali untuk media cetak dalam ruangan (indoor).

Meskipun punya banyak kelebihan, tinta lateks (Latex Ink) juga punya kekurangan, yaitu harga lebih mahal dibanding jenis tinta lain.

Di PrimaGraphia, kami memiliki berbagai macam produk large format yang dicetak menggunakan tinta lateks, contohnya:

Cetak Wallpaper Custom

Cetak Sticker Meteran Latex

2. Tinta UV (UV Ink)

Tinta UV (UV Ink) adalah jenis tinta khusus yang mengering dengan sangat cepat saat terkena sinar ultraviolet (UV) bukan melalui proses oksidasi (kontak dengan udara). Karena proses pengeringan inilah tinta UV menghasilkan hasil cetak yang lebih tajam (High Resolution) dan tahan lama.

Kelebihan tinta UV (UV ink):

- Tahan gores dan tidak mudah luntur.

- Tinta UV bisa diaplikasikan ke banyak bahan, seperti: bahan banner flexi, kulit imitasi, kanvas, wallpaper, kertas dan stiker.

- Dapat digunakan untuk mencetak pada bahan yang keras dan datar, seperti: papan triplek, plastik, dan foamboard.

- Ramah lingkungan karena tinta UV 99,5% bebas dari VOC (Volatile Organic Compounds).

- Cocok untuk media cetak luar ruangan (outdoor).

Selain kelebihan yang telah disebutkan tinta UV rupanya juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu harga cetak dengan tinta UV cenderung lebih mahal.

Ini dia produk populer di PrimaGraphia yang menggunakan tinta UV:

Cetak Spanduk Flexi UV Ink

Cetak Tripod Banner

Cetak Human Standing Custom

3. Tinta Solvent (Solvent Ink)

Berbeda dari tinta lateks dan tinta UV, tinta solvent bukan tinta berbasis air, melainkan tinta dengan dasar bahan kimia khusus. Karena menggunakan bahan kimia ini, tinta solvent punya ketahanan yang baik. Cetakan yang dihasilkan juga tidak mudah luntur, bahkan jika terkena air. 

Tinta solvent bisa diaplikasikan ke bahan banner flexi, kertas, ataupun kain. Tinta ini cenderung lebih murah dibanding dua tinta yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain kelebih di atas, tinta solvent memiliki kekurangan. Bahan kimia dalam tinta solvent bisa berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan karena bau menyengat sangat berbahaya jika terhirup dalam jangka waktu lama. Karena bau yang ditimbulkan inilah tinta solven disarankan untuk penggunaan media cetak outdoor dan sangat tidak disarankan untuk penggunaan indoor atau tempat yang berhubungan makanan.

Produk yang menggunakan tinta solvent di PrimaGraphia, contohnya:

Cetak Spanduk Flexi Solvent

Nah, di antara ketiga tinta di atas, apakah kamu sudah memutuskan untuk memilih tinta yang mana untuk spandukmu?

Saran dari kami, sebelum memilih, kamu bisa mempertimbangkan faktor seperti lokasi pemasangan spanduk, durasi penggunaan, dan anggaran. Jika kamu membutuhkan spanduk yang tahan lama untuk penggunaan outdoor, tinta solvent dan tinta UV bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika kamu lebih mengutamakan lingkungan dan kesehatan, kamu bisa memilih tinta lateks dan tinta UV.

Semoga membantu!

Untuk pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami melalui:

- Whatsapp: +62877-7231-0250

- Email: [email protected]

Share post:

Comments0

pg-persona-comments
Anda Belum Menulis Komentar.
Menu 0Rp 0
Top